Peran Guru dalam Proses Pendidikan

Posted: Oktober 23, 2010 in pendidikan

Abin Syamsuddin(2003)mengemukakan bahwa dalam pengertian pendidikan secara luas,seorang guru yang ideal seyogyanya dapat berperan sebagai:

1. Konserfator (pemelihara) sistem nilai yang merupakan sumber norma kedewasaan

2.  Inovator (pengembang) sistem nilai ilmu pengetahuan

3. Transmitor (penerus) sistem-sistem nilai tersebut kepada peserta didik

4. Transformator (penterjemah) sistem-sistem nilai tersebut melalui penjelmaan dalam pribadinya dan perilakunya,dalam proses interaksi dengan sasaran didik

5.  Organisator (penyelenggara) terciptanya proses edukatif yang dapat dipertanggungjawabkan,baik secara formal (kepada pihak        yang mengangkat dan menugaskannya) maupun secara moral (kepada sasaran didik, serta Tuhan yang menciptakannya).

Sejalan dengan tantangan kehidupan global, peran dan tanggung jawab guru pada masa mendatang akan semakin kompleks, sehingga menuntut guru untuk senantiasa melakukan berbagai peningkatan dan penyesuaian kemampuan profesionalnya. Guru harus lebih dinamis dan kreatif dalam mengembangkan proses pembelajaran peserta didik. Guru dimasa mendatang tidak lagi menjadi satu-satunya orang yang paling well informed terhadap berbagai informasi dan pengetahuan yang sedang tumbuh , berkembang, berinteraksi dengan manusia di jagat raya ini. Di masa depan, guru bukan satu-satunya orang yang lebih pandai di tengah-tengah peserta didiknya.(http://google.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s