Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan

Posted: Oktober 26, 2010 in pendidikan

Dalam pembelajaran bahasa secara holistik,Setiap anak memperoleh kesempatan untuk belajar dan mengajar (menjelaskan , mengemukakan pendapat , bertanya , menjawab pertanyaan dan sebagainya ) . Baik guru maupun murid bertanggung jawab untuk menyajikan informasi . Setiap anak diberi dorongan untuk mengamukakan pandangan dan pendapatnya . Dengan demikian setiap anak mengerti bahwa menyimak merupakan bagian yang penting sekali untuk mengembangkan keterampilan berbahasa lisan ( yeager , 1991 : 95 ) . Selanjutnya akan terbentuk kebiasaan memperhatikan , memahami , dan menanggapi secara kritis pembicaraan orang lain .

Pemberian kesempatan kepada murid untuk saling menyampaikan pendapatnya secara lisan dalam bentuk diskusi sangat besar artinya . Kesempatan ini juga dapat merupakan latihan untuk murid mengemukakan kritik yang konstruktif . Kritik yang konstruktif , yang mengandung suatu pemecahan masalah , harus disampaikan secara sopan . Yang menerima kritik harus berikap terbuka agar dapat memanfaatkan kritik yang konstruktif tersebut . Suasana demikian ini diharapkan dapat menimbulkan sikap tenggang rasa dan saling menghormati .

Keberhasilan suatu pembelajaran menyimak bergantung pada adanya dua kondisi . Pertama . guru harus memberikan teladan sebagai penyimak yang kritis dan pembicara yang efektif , dan menggunakan strategi yang efektif pula , Kedua . setiap murid yang berpartisipasi dalam diskusi harus memiliki informasi tertentu yang akan disampaikan kepada teman-temannya . Saling memberikan dan menerima informasi , pendapat , atau gagasan merupakan faktor utama untuk mencapai keberhasilan dalam diskusi . murid-murid juga perlu memberikan dan menerima saran seharusnya tidak ada seorangpun yang dalam mengikuti suatu diskusi yang menyampaikan kritik atau pujian .

(Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Di Kelas Tinggi disusun olah Ahmad Rofi`uddin dan Darmiyati Zuhdi :1998/1999)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s